Sunday, June 9, 2013

PESAN MORAL FILM UP


Carl Fredricksen (Edward Asner), kakek berusia 78 tahun, seorang pedagang balon memutuskan untuk mewujudkan mimpinya yaitu berpetualang dengan mengikatkan ribuan balon pada rumahnya dan terbang menuju Amerika Selatan. Namun rencananya menjadi mimpi buruk saat ia mengetahui bahwa seorang anak berusia 8 tahun bernama Russell (Jordan Nagai) ikut bersamanya

Tapi pesan moral yang bagus adalah di 15 menit di depan film dan 15 menit di akhir film ini yaitu :

1. Setiap orang harus mempunyai tujuan hidup, bahkan harus mencari apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita, dan kita tetapkan visi dan misi hidup di dalam Tuhan, tatkala kita sudah tetapkan, carilah pasangan hidup yang satu visi dan misi dengan kita untuk bersama-sama menwujudkannya. Jadi bukan karena cinta dulu baru mencocok2kan tujuan hidup kita, tapi letakanlah visi dan misi hidup bersama Tuhan sebagai dasar untuk membangun satu jalinan percintaan.

Seperti Mr. Carl Fredricksen dengan isterinya walaupun tidak bisa memiliki keturunan namun visi dan misi hidup mereka bukan hanya karena keturunan tapi karena ingin meletakan rumah di atas dan disamping air terjun yang ada di Amerika Selatan yang letaknya menurut geografi merupakan salah satu tempat yang sudah hilang. Dengan satu visi dan misi inilah mereka mulai memupuk cinta mereka bahkan bisa terus hidup bahagia sampai tua, bahkan sampai maut memisahkan, akan tetapi tujuan hidup mereka tidak mati & tetap hidup.

2. Jasmani manusia bisa mati tapi cinta yang dilandasi visi dan misi yang sama dan kuat di dalam Tuhan akan tetap hidup, walaupun kita dan pasangan kita dipisahkan oleh maut sekalipun.

Seperti istri Mr Carl Fredricksen yang telah meninggal tidak membuat Mr. Carl patah semangat untuk hidup. Tapi dia tetap dengan sabar dan setia menjalani hidup sendiri dengan kenangan2 indah bersama istrinya. Walaupun banyak rintangan tapi semangat hidup untuk mencapai visi dan misi yang sudah mereka berdua tetapkan ini, membuat Mr. Carl terus berusaha hingga akhirnya tercapai walaupun tanpa isterinya di sisinya.

3. Kita tidak perlu takut untuk hidup jika orang terkasih yang menurut kita dialah orang yang bisa mendukung dan memback up kita sudah tidak ada, karena Tuhan yg baik selalu menyediakan orang-orang yang bisa menolong kita, untuk mencapai visi dan misi yang sudah kita tetapkan di dalam Tuhan.

Seperti Mr. Carl ini walaupun isterinya sudah meninggal namun semangat hidup untuk mencapai visi dan misi dia dan isteri tetap menyala-nyala. Meskipun usia mungkin tidak mendukung, tapi jika dengan hati yang tulus akhirnya Tuhan juga buka jalan dengan menghadirkan seorang anak kecil berumur 8 tahun yang bernama Russell, yang tentunya mewarnai film ini menjadi kocak.

Ya teman-teman nonton sendiri aja ya…kalau saya cerita semua nanti tidak seru…..menurut saya pribadi pesan moralnya yang sangat bagus dalam film ini, selain yang di atas masih ada misalnya hidup tidak boleh egois harus saling membantu dan menghargai, serta tidak boleh serakah, dll.
So selamat menikmati filmnya ya…..

No comments:

Post a Comment

iklan saya

Social Icons

Featured Posts