Sunday, August 18, 2013

CARA MENGAKTIFKAN AUTOSAVE MICROSOFT OFFICE

Ketika kita mengerjakan sesuatu di Microsoft Office, baik Microsoft Word, Microsoft Excel, maupun Microsoft PowerPoint dan pekerjaan tersebut belum disimpan, mungkin kita akan merasa sangat jengkel ketika tiba-tiba terjadi gangguan, misalnya komputer hang, mati listrik, atau gangguan-gangguan lainnya. Pekerjaan yang sudah sobat kerjakan dengan susah payah akan hilang begitu saja dalam waktu sekejap. Perasaan stress akan semakin menjadi-jadi jika pekerjaan tersebut harus segera diselesaikan. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut?

Solusi yang sangat pasti adalah menyimpan pekerjaan ketika baru mulai mengetik. Usahakan ketika baru akan memulai mengetik suatu pekerjaan, langsung simpan file tersebut, jangan menunggu jika sudah selesai diketik.

Namun, itu saja tidak cukup. Microsoft Office tidak akan secara otomatis menyimpan kelanjutan pekerjaan yang kita simpan tadi. Seandainya otomatis menyimpan pun jeda waktunya panjang (sekitar 10 menit). Agar Microsoft Office bisa menyimpan pekerjaan kita secara otomatis, kita perlu mengaktifkan opsi Autosave. Dengan begitu, pekerjaan kita akan otomatis tersimpan dalam jangka waktu yang kita tentukan.

Nah, untuk mengaktifkan opsi Autosave pada Microsoft Office, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Untuk Microsoft Office 2007 dan 2010:
- Klik Office Button yang berada di pojok kiri atas (atau klik tab File bagi pengguna Microsoft Office 2010).
- Kemudian cari Word Options, Excel Options, Atau PowerPoint Options (tergantung aplikasi apa yang sedang aktif).
- Kemudian pilih opsi Save.
- Beri tanda centang pada opsi “Save AutoRecover information every” (biasanya secara default sudah diberi tanda centang). Di kolom Minutes, tentukan berapa menit jangka waktu Autosave yang diinginkan (saran: ubah menjadi 1 menit).
- Terakhir, klik OK.
2. Untuk Microsoft Office 2003 ke bawah:
- Klik menu Tools, kemudian klik Options.
- Klik tab Save.
- Beri tanda centang pada opsi “Save AutoRecover information every” (biasanya secara default sudah diberi tanda centang). Di kolom Minutes, tentukan berapa menit jangka waktu Autosave yang diinginkan (saran: ubah menjadi 1 menit).
- Terakhir, klik OK.

Setelah melakukan pengaturan di atas, Microsoft Office akan otomatis menyimpan pekerjaan kita dalam jangka waktu yang ditentukan (tentunya setelah kita menyimpan dokumen untuk pertama kali).

Demikian tips yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

iklan saya

Social Icons

Featured Posts