Wednesday, August 21, 2013

PERBEDAAN WINDOWS 32 BIT DAN 64 BIT

Seringkali ketika kita ingin menginstall sebuah software, ternyata software tersebut tidak dapat diinstall. Salah satu penyebabnya adalah ketidakcocokan software dengan versi Windows yang kita gunakan. Sejak Microsoft meluncurkan Windows XP, versi Windows dibagi dua, Windows 32 bit dan Windows 64 bit. Lalu, apa perbedaan antara kedua versi Operating System tersebut?

Perbedaan Operating System versi 32 bit dan 64 bit pada dasarnya mengacu pada cara processor menangani informasi. Processor 64 bit akan lebih mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory
dibanding processor 32 bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

Adanya Windows 32 bit dan 64 bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64 bit hanya dapat diinstall pada computer yang processornya sudah mempunyai
kemampuan 64 bit, dan Windows 32 bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32 bit maupun 64 bit. Perbedaan versi 32 bit dan 64 bit pada suatu software mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32 bit atau 64 bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64 bit hanya bisa digunakan pada Windows 64 bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32 bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64 bit (tetapi tidak berlaku untuk semua software).

Pilihan yang tepat dalam memilih edisi software adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika software yang ingin kita gunakan tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32 bit atau 64 bit, kemungkinan besar software tersebut ditujukan untuk Windows 32 bit (dan biasanya juga bisa diinstal di Windows 64 bit).

Lalu bagaimana cara melihat versi Windows yang kita miliki, apakah 32 bit atau 64 bit? Caranya adalah sebagai berikut.

1. Untuk Windows XP:

- Klik kanan icon My Computer pada desktop atau Start Menu, kemudian klik Properties (atau dari Control Panel -> System).

- Pada tab General, perhatikan pada bagian System,. Untuk Windows XP 32 bit akan tertulis “Microsoft Windows XP Professional” atau “Microsoft Windows XP Home Edition”, sedangkan untuk Windows XP 64 bit akan tertulis “Microsoft Windows XP Professional x64 Edition”.

2. Untuk Windows Vista dan Windows 7:

- Klik kanan icon Computer pada Desktop atau Start Menu, kemudian klik Properties (atau masuk ke Control Panel -> System, atau ketik kata system pada search box di Start Menu).

- Lihat informasi System type, untuk Windows Vista 32 bit akan tertulis keterangan 32 bit Operating System, sedangkan untuk Windows Vista 64 bit akan tertulis keterangan 64 bit Operating System.

Demikian dari saya, semoga menambah wawasan dan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

iklan saya

Social Icons

Featured Posts